30 Prospek Kerja Dan Kelebihan Lulusan Akuntansi

Hobi pada pelajaran matematika dan ekonomi akan memungkinkan kamu untuk memilih jurusan Akuntansi saat kamu kuliah. Jurusan favorit ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Sebagian besar alumni pada jurusan ini dinilai mampu memiliki masa depan yang cerah. Hal ini karena Indonesia memang membutuhkan banyak lulusan akuntansi. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap jurusan ini sebagai jurusan impian mereka. Ingin tahu lebih banyak tentang kelebihan dan prospek kerja jurusan ini? Mari kita lihat selengkapnya dibawah ini.

Kelebihan – Kelebihan Jurusan Akuntansi

  1. Banyak peluang kerja
  2. Melatih kamu untuk menjadi orang yang bertanggung jawab
  3. Kuliah yang mudah dilewati
  4. Banyak kesempatan kerja yang terkait dengan akuntansi
  5. Gaji yang tinggi
  6. Dapat mengelola keuangan dengan mudah
  7. Menjadikan diri kamu lebih cerdas
  8. Berlatih tanggung jawab
  9. Melatih keterampilan bisnis jika cita-cita kamu adalah pengusaha 
  10. membangun kreatif, cerdas, dan tanggap

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

1. Menjadi Auditor

Ketika perusahaan dan organisasi di sektor publik memperkuat pengawasan keuangan mereka, mereka membutuhkan auditor. Tanggung jawab seorang auditor akuntansi adalah untuk meninjau catatan keuangan sebuah perusahaan dan memastikan bahwa data yang mereka dapatkan sudah akurat. Auditor memainkan peran penting dalam memastikan keakuratan dan alokasi keuangan perusahaan yang efektif.

Seorang auditor akan berfokus pada proses didalam perusahaan untuk mengurangi resiko – resiko yang ada dan untuk mengidentifikasi area di mana penghematan biaya bisa dilakukan. Apakah kamu tertarik dengan profesi auditor?

2. Menjadi Analisis Keuangan

Sebagai lulusan akuntansi, kamu tentu bisa bekerja sebagai analisis keuangan. Tanggung jawab dari analisis keuangan adalah untuk meneliti data – data yang dipakai untuk mengidentifikasi suatu peluang, mengevaluasi investasi serta membuat keputusan yang berhubungan dengan bisnis.

Secara umum, tugas seorang analis keuangan adalah memeriksa data keuangan dan menggunakannya untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis. Lebih khusus lagi, analis keuangan bekerja dengan perusahaan untuk mempelajari kondisi ekonomi makro dan ekonomi mikro dalam rangka membuat prediksi tentang perusahaan, industri, dan sektor.

Selain itu, analis keuangan harus dapat memahami perkembangan terkini di bidang keahliannya dan menyiapkan model keuangan yang menggunakan banyak sekali faktor dengan tujuan memperkirakan atau memprediksi kondisi ekonomi di masa yang akan datang.

3. Menjadi Seorang Accounting Manager

Kepala anggota dari pada akuntansi disebuah perusahaan di pegang oleh accounting manager atau yang biasa disebut manajer akuntansi. manajer akuntansi yang ahli di bidang ini akan bekerja sama dengan departemen lain untuk memastikan kelancaran urusan keuangan perusahaan. Manajer akuntansi mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi para akuntan – akuntan serta asisten lain di sebuah perusahaan.

Bidang pekerjaan ini bertugas mengelola berkas-berkas file, menyiapkan laporan keuangan, memprediksi kebutuhan keuangan perusahaan, memastikan bahwa perusahaan mematuhi persyaratan hukum dan peraturan, serta menyiapkan dokumen persyaratan pajak. Semua tanggung jawab manajer akuntansi akan bergantung pada apa yang perusahaan tersebut jalankan, seperti menyiapkan anggaran tahunan, membuat rekomendasi tentang keputusan keuangan, dan melacak data keuangan.

4. Menjadi Seorang Assistant Controller

Sebagai lulusan akuntansi yang berpengalaman, kamu dapat bekerja sebagai asisten direktur keuangan suatu perusahaan. Assistant controller memberikan dukungan kontrol perusahaan dalam semua aktivitas terkait akuntansi, termasuk akuntansi manajemen, akuntansi lanjutan, dan aktivitas keuangan dalam perusahaan.

Untuk memulai karir di bidang ini, kamu harus memiliki keterampilan analitis, komunikasi, organisasi, dan teknis yang kuat. Untuk posisi ini, setidaknya diperlukan minimal lima tahun pengalaman dibidang akuntansi, keuangan atau akuntan publik.

Secara umum, tanggung jawab assistant controller adalah meninjau data keuangan, membantu dalam menerbitkan dan mengirimkan faktur, menyiapkan anggaran dan laporan tertulis sesuai dengan kebutuhan pelanggan, membangun sistem pengendalian internal untuk mencegah kesalahan dalam laporan keuangan, dan menyerahkan laporan untuk referensi. Bulanan, triwulanan dan akhir tahun, dan tugas-tugas lainnya.

5. Menjadi Pengembang Software Accountant

Tugas dari pengembang software accountant adalah membantu dalam pembuatan dan dukungan aplikasi untuk tujuan akuntansi.

Sebagai seorang pengembang software akuntan, kamu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa software tersebut berjalan normal saat mengelola setiap akun dan transaksi, kamu juga harus memverifikasi bahwa sistem dapat menangani berbagai entri yang dibuat oleh akuntan, dan dapat menjalankan laporan untuk menilai status keuangan pelanggan.

Umumnya, pengembang software accountant bekerja dalam tim, karena sebagian besar data yang dimasukkan ke dalam sistem akan melibatkan sistem moneter yang berperan penting dalam proses perhitungan yang akurat. Tertarik dengan salah satu prospek kerja lulusan akuntansi ini?

6. Menjadi Seorang Cost Accountant

Cost Accountant adalah seorang ahli keuangan yang mempunyai tanggung jawab untuk menentukan biaya terkait dengan penyediaan layanan atau produk manufaktur dari sebuah perusahaan. Tugas cost accountant biasanya mempelajari semua biaya yang berhubungan dalam rantai pasokan untuk mengkaji keuntungan dan menyiapkan anggaran. Cost accountant akan bertanggung jawab juga untuk memverifikasi, mengumpulkan, dan menyinkronkan data untuk mencapai transparansi keuangan dan peningkatan sebuah proses yang berjalan didalam perusahaan.

Selain itu, ada juga tugas cost accountant yang memulai proses checkout dan pelaporan untuk diberikan atau dilaporkan kepada bagian manajemen. Biasanya proses pelaporan ini akan berjalan pada akhir bulan.

Kemudian tugas lainnya adalah menetapkan biaya bisnis lain seperti biaya tenaga kerja, transportasi, produksi, dan manajemen. Sebagai seorang yang menduduki posisi cost accountant, kamu akan bekerja dengan seorang akuntan untuk menggunakan data yang diperoleh melalui sistem CRM dan ERP.

7. Menjadi Seorang Credit Analysis Manager

Sebagai lulusan akuntansi, kamu dapat mengejar karir sebagai credit analysis manager atau bahasa indonesianya manajer analisis kredit. Ketika kamu bekerja di bidang credit analysis manager, kamu akan mempunyai bertanggung jawab untuk mengkaji serta melaporkan data – data keuangan pelanggan. Data – data tersebut biasanya meliputi kebiasaan pembayaran, riwayat kredit, pendapatan tahunan, dan aktivitas pembelian.

Sebagai manajer analisis kredit, kamu kemungkinan akan ditugaskan untuk bekerja didalam perusahaan industri tertentu. Engga cuma itu, kamu juga harus memiliki pengetahuan dan ketajaman bisnis yang kuat. Dalam beberapa kasus yang terjadi, biasanya manajer analisis kredit akan bekerja pada perusahaan pinjaman komersial dan analisis kredit bank. Untuk anak akuntansi, ada yang tertarik berkarir di bidang ini?

8. Menjadi Compliance Officer

Tugas compliance officer adalah memastikan bahwa perusahaan mematuhi persyaratan peraturan dan hukum eksternal, serta peraturan dan kebijakan internal. Selain itu, compliance officer juga bertanggung jawab kepada para atasan agar bekerja sama dengan pihak manajemen dan karyawan – karyawan perusahaannya untuk mengidentifikasi dan mengelola resiko yang sedang dihadapi.

Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki kontrol internal sebagai pengukur dan pengelola resiko yang dihadapinya. Jika suatu saat terjadi pelanggaran terhadap suatu hukum atau undang-undang yang berada di NKRI, sangat penting bagi compliance officer untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna menghindari kesalahan yang sama pada kemudian hari.

9. Menjadi Budget Analyst

Budget analyst atau juga dikenal sebagai analisis anggaran, bertugas untuk membantu perusahaan dalam menjaga keuangan mereka agar anggaran yang perusahaan tersebut punya tetap seimbang. Sebagai analis anggaran, kamu akan membantu mengelola keuangan perusahaan dengan menerbitkan laporan keuangan secara berkala, bekerja sama dengan eksekutif untuk menyelesaikan kebutuhan pendanaan, dan mengevaluasi keputusan anggaran.

Profesi ini juga ditugaskan untuk membantu perusahaan dalam merumuskan serta merencanakan suatu pembelian dan menilai pro kontra dari pembelian tersebut guna membantu para pemimpin perusahaan mengambil tindakan.

10. Menjadi Financial Advisor

Tugas utama financial advisor atau penasihat keuangan adalah memberikan nasihat keuangan kepada klien. Penasihat keuangan harus mampu membangun kepercayaan dengan kliennya dan juga menanggapi pertanyaan serta masalah para klien dengan benar dan akurat.

Saat ingin menentukan portofolio dari sebuah investasi yang bagus untuk dipilih oleh klien, penasihat keuangan akan mempertimbangkan berbagai informasi, seperti perubahan peraturan dan tren ekonomi, serta membuat klien tidak khawatir terhadap resiko.

Biasanya nih, kebutuhan akuntansi seseorang atau perusahaan akan menjadi penilaian dari si financial advisor ini. si Financial advisor akan memilihkan suatu opsional yang bagus di dalam investasi (saham dan obligasi), keputusan asuransi, dan undang-undang perpajakan. Penasihat keuangan juga biasanya akan membantu klien dalam hal perencanaan atau target tujuan jangka pendek dan jangka panjang, seperti misalnya biaya-biaya yang dibutuhkan dalam pendidikan dan dana pensiun.

11. Menjadi Forensic Accountant

Kamu juga dapat mengejar karir di bidang forensic accountant atau yang biasa disebut sebagai akuntansi forensik yang banyak berkaitan dengan proses audit. Akuntan forensik mempunyai bertanggung jawab untuk menjelaskan, menganalisis, serta meringkas masalah keuangan dan bisnis yang sangat kompleks.

Di sini, kamu akan menggunakan keterampilan akuntansi, audit, dan investigasi kamu untuk memeriksa keuangan pribadi dan perusahaan. Akuntansi forensik sering digunakan dalam kasus penipuan dan penggelapan keuangan untuk interpretasi di pengadilan.

Akuntan forensik biasanya bekerja untuk perusahaan asuransi, polisi, bank, instansi pemerintah, dan lembaga akuntan publik. Selain itu, dalam karir kamu di bidang akuntansi forensik, kamu akan mengumpulkan bukti keuangan, mengembangkan aplikasi komputer untuk mengelola pengumpulan informasi, dan mendiskusikan temuan dalam bentuk laporan/presentasi.

12. Menjadi International Tax Manager

Apakah kamu ingin berkarir dengan perspektif global? Menjadi manajer pajak internasional mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk pekerjaan kamu. Manajer pajak bertanggung jawab untuk merumuskan dan menerapkan strategi pajak untuk klien.

Tugas kamu adalah harus mendukung bisnis dan individu untuk memastikan keakuratan dari pajak tanggungan mereka dan memastikan mereka mematuhi semua undang-undang perpajakan yang berlaku di Negaranini. Tentu saja, manajer pajak memiliki ruang lingkup dan tanggung jawab yang berbeda, misalnya, mereka bekerja untuk perusahaan, atau mereka membantu banyak perusahaan serta individu, mereka bisa juga bertindak sebagai konsultan.

Dijaman ini, banyak sekali perusahaan yang sudah sangat memperhatikan masalah pajak. Maka dari itu, banyak negara – negara membutuhkan personel yang terampil untuk mengelola resiko tentang kebijakan pajak. Oleh karena itu, posisi manajer pajak internasional adalah salah satu posisi yang sangat penting bagi perusahaan, terutama bagi kantor akuntan dan perusahaan multinasional yang menangani urusan informasi pajak dalam skala global.

Manajer pajak internasional sangat penting sekali posisinya bagi perusahaan yang melakukan bisnis di banyak negara dan bagi orang-orang yang memperoleh penghasilan dari investasi asing.

13. Menjadi Tax Accountant

Tax accountant hanya fokus pada pajak kliennya. Ini berbeda dengan para akuntan biasa yang cenderung menangani laporan keuangan secara keseluruhan. Memastikan klien mematuhi semua undang-undang pajak dan mencegah denda pemerintah adalah tugas lain dari seorang akuntan pajak.

Akuntan pajak akan memberikan saran perencanaan pajak kepada klien dan membantu mereka menghemat uang selama masa pajak. Tertarik dengan salah satu prospek kerja akuntansi ini?

14. Menjadi Treasury Analyst

Treasury analyst bertanggung jawab atas segala aktivitas keuangan didalam internal perusahaan, mengelola arus kas yang masuk, mengelola pendapatan, kredit, aset-aset perusahaan, dan kewajiban lainnya. Faktanya, tanggung jawab analis treasury sangat beragam dari satu tempat kerja ke tempat kerja lainnya. Mulai dari perusahaan swasta atau perusahaan BUMN sekalipun.

Treasury analyst juga bertanggung jawab untuk menyelidiki model keuangan yang sudah dibentuk, membuat perkiraan pendapatan dan pengeluaran, serta membantu perusahaan dalam perumusan strategi investasi yang akurat.

15. Menjadi Tax Consultant

Apakah kamu lulusan akuntansi dan ingin membantu individu atau perusahaan meningkatkan keamanan finansial mereka? Jika kamu bekerja sebagai konsultan pajak, ini mungkin akan menarik. Tugas dari konsultan pajak salah satunya adalah membantu para klien dalam mengambil keputusan yang tepat mengenai masalah perpajakan yang sedang dihadapi.

Sebagai konsultan pajak, kamu akan membantu klien menghemat uang dengan membuat keputusan keuangan terkait pajak yang bijaksana. Kamu juga akan mengumpulkan informasi tentang situasi keuangan klien kamu dan mengembangkan strategi untuk membantu mengurangi kewajiban pajak melalui penggunaan kredit pajak dan pemotongan pajak.

Selain itu, sebagai penasihat pajak, tugas kamu adalah memastikan bahwa klien kamu memenuhi kewajiban pajak mereka dan mematuhi undang-undang yang berlaku.

16. Menjadi Chief Financial Officer

CFO (Chief Financial Officer) adalah manajer senior yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan. Tanggung jawab lain dari seorang CFO adalah melacak aliran – aliran dana dan merencanakan konsep keuangan, serta menganalisis kekuatan dan kelemahan keuangan perusahaan untuk membuat sebuah keputusan.

Peran dari seorang chief financial officer hampir mirip dengan peran seorang bendahara. Karena dia yang bertanggung jawab untuk mengelola divisi akuntansi dan keuangan. Selain itu juga, CFO bertugas untuk memastikan apakah laporan keuangan sebuah perusahaan sudah akurat dan dapat diselesaikan secara tepat waktu.

17. Menjadi Penulis Artikel

kamu suka menulis? Jika demikian, kamu bisa menulis di blog sendiri tentang materi-materi akuntansi yang sudah kamu pelajari. Penulis artikel bisa mendatangkan uang dari iklan ataupun dari konten yang ia tulis loh gais.

Sebagai lulusan akuntansi, kamu dapat fokus membuat konten yang berkaitan erat dengan akuntansi dan materi lainnya. Banyak banget sekarang website atau blog yang membahas materi seputar akuntansi. Coba kamu ketik di google tentang blog akuntansi, pasti muncul semua deh.

18. Menjadi Content Creator Youtube

Cita-cita kamu menjadi youtuber? Bisa!

Hampir sama seperti konsep penulis konten blog, di youtube juga kamu bisa membagikan sambil berkarya tentang materi akuntansi yang kamu pahami. 

Kamu bisa membuat video yang berhubungan dengan ilmu – ilmu didalam akuntansi. Ada beberapa pengguna YouTube yang mempunyai pengetahuan mendalam tentang akuntansi, seperti contoh AccountingStuff, Accounting 101 Simplified, Financial Matter, CPA Strength, dan banyak lagi.

19. Menjadi Karyawan BUMN

Banyak sekali keuntungan bekerja di BUMN. Kamu bisa memperoleh jenjang karir, gaji serta tunjangan yang tinggi, dan kamu juga biasanya dapat akses asuransi yang memadai gais.

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha yang seluruh sahamnya dimiliki oleh negara. Jadi kehidupan kamu secara tidak langsung akan dijamin oleh negara.

20. Menjadi Karyawan Pemerintahan / Lembaga / Instansi

Lulusan akuntansi dapat menduduki berbagai lowongan di pemerintahan maupun lembaga independen yang ada di Indonesia. Ada banyak banget loh perusahaan – perusahaan yang sedang butuh peran seorang akuntan untuk mendukung kinerja perusahaan tersebut dalam bidang keuangan, manajemen, dan lainnya.

Beberapa institusi yang membutuhkan lulusan akuntansi antara lain OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BI (Bank Indonesia), LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Biro Perpajakan, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), dan lain sebagainya.

21. Menjadi Anggota POLRI

Sebagai mahasiswa lulusan akuntansi, kamu juga bisa berkesempatan menjadi perwira polisi lho gais. Namun menurut saya, persyaratan program studi yang dibuka pada penerimaan anggota POLRI ini mungkin saja berbeda setiap tahun. terus pantau ya!

Bagi kamu yang lulus dari jurusan akuntansi dan ingin menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, kamu dapat mendaftar melalui SIPSS (Sarjana Inspektorat Polisi) dan akan melalui proses pendidikan selama 6 bulan.

22. Menjadi TNI

Tidak hanya lulusan sekolah militer saja yang berkesempatan menjadi perwira pertama. Sebagai lulusan akuntansi, kamu juga bisa untuk coba mendaftar sebagai prajurit TNI. Namun, kamu harus memeriksa lulusan program studi yang diperlukan di situs web rekrutmen TNI, karena dapat bervariasi dari tahun ke tahun.

Kamu akan diseleksi lagi secara bertahap seperti administrasi dan ideologi yang dianutnya. Jika kamu lulus maka akan ditugaskan ke seluruh wilayah NKRI dan bersedia mengikuti Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung sejak diangkat menjadi perwira TNI.

23. Menjadi PNS

Siapa yang disini cita-citanya sehabis lulus ingin jadi PNS? Untuk anak akuntansi bisa banget!

Mereka yang bercita-cita menjadi PNS itu kebanyakan mengincar gaji dan tunjangan yang tetap. Kamu tenang saja, karena setiap lowongan CPNS dari suatu instansi pemerintah pasti akan membuka lowongan kerja bagi para lulusan akuntansi.

Tentunya, selain mendapatkan gaji yang meningkat seiring dengan masa kerja dan pangkat, profesi PNS juga masih dianggap sebagai profesi yang bergengsi dan disegani di masyarakat, termasuk calon mertua lho gais hehe.

24. Menjadi Dosen

Setelah lulus dari program studi akuntansi, apakah kamu bercita-cita menjadi dosen? tentu saja bisa. Namun, untuk menjadi seorang dosen kamu harus memenuhi persyaratan minimal, seperti telah menyelesaikan pendidikan minimal S2 atau bahkan sampai S3.

Menjadi seorang dosen pasti impian banyak orang bukan?

25. Menjadi Wirausaha

Bagi lulusan akuntansi yang ingin fokus berwirausaha, bisa mulai dari yang kecil-kecilan. Namun, kewirausahaan membutuhkan usaha yang luar biasa untuk berhasil. Bahkan, kamu sering menemui banyak kegagalan.

Menjadi wirausahawan adalah pilihan yang bagus untuk para anak akuntansi. Mengapa? karena lulusan akuntansi memiliki dasar yang baik dalam merencanakan dan mengelola keuangannya. Kamu juga bisa membuka peluang bisnis baru, termasuk yang berhubungan dengan akuntansi dan yang tidak ada hubungannya seperti dengan membuka toko, membuka restoran, dan berwirausaha online.

26. Menjadi Akuntan Perusahaan

Dalam proses penyusunan laporan keuangan, setiap perusahaan tentunya membutuhkan akuntan yang profesional. Umumnya, kamu akan menjabat sebagai akuntan publik, asisten akuntan, dan akuntan manajer.

27. Menjadi Internal Auditor

Untuk memastikan bahwa semua laporan keuangan akurat, peran auditor internal dalam hal ini sangat penting. Tugas seorang auditor memanglah sangat rumit dan memerlukan pemikiran yang kompleks. Oleh karena itu, di sini kamu perlu menjadi auditor keuangan yang sangat profesional.

28. Menjadi Perencana finansial

Tugas dari perencana keuangan atau finansial disebuah perusahaan tentu saja sebagai seorang perencana keuangannya bukan? Karena setiap perusahaan pasti mempunyai uang kas yang harus di olah, maka kebutuhan lowongan kerja perencana keuangan di era sekarang sangatlah dibutuhkan. Jadi banyak banget kesempatan kerja nya.

29. Menjadi Analisis Finansial

Tugas seorang analis finansial adalah menganalisis untuk mempertimbangkan suatu kebijakan atau suatu keputusan kebijakan. Seseorang yang ingin menjadi seorang analis keuangan harus mendapatkan sertifikat khusus dari Chartered Financial Analyst (CFA). Untuk memenuhi persyaratan tersebut, kamu harus terlebih dahulu memiliki 4 tahun pengalaman kerja dalam bidang keuangan.

30. Menjadi Wirausahawan

Anak akuntansi selalu dihadapkan dengan urusan dunia ekonomi serta bisnis. Maka tidak menutup kemungkinan lulusan akuntansi akan memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan. Karena dalam kesehariannya di kampus, anak-anak akuntansi selalu mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan kewirausahaan.

Nah, inilah keuntungan dan prospek kerja seorang lulusan akuntansi. Tidak menutup kemungkinan juga kamu akan mendapatkan profesi yang berbeda dari daftar prospek kerja yang sudah saya bahas diatas itu. Apapun itu, yang terpenting sekarang adalah kamu harus siap untuk meraih yang terbaik. Selamat berjuang!

Leave a Comment